Sabtu, 23 September 2017

Resensi Buku Metodologi Penelitian Pendidikan Biologi karangan Dr. Paidi, M.Si.

Resensi Buku Metodologi Penelitian Pendidikan Biologi karangan Dr. Paidi, M.Si.



Identitas Buku
Judul Buku                            : Metodologi Penelitian  Pendidikan Biologi
Pengarang Buku                   : Dr. Paidi, M.Si.
Editor                                     : Dhian Hapsari
Tata Letak                             : Majaji
Desain Cover                        : Deni Satriya Hidayat
Penerbit Buku                       : UNY Press
Cetakan Ke-                          : 1, Oktober 2012
Kota Terbit                            : Yogyakarta
Tahun Terbit                         : 2012
Tebal Buku                            : 104 halaman
ISBN                                       : 979-8418-70-0, 9789798418709

Dr. Paidi, M.Si.dilahirkan di sukoharjo,  4 April 1967. Beliau aktif sebagaaai salah satu dosen Jurusan Pendidikan Biologi di Universitas Negeri Yogyakarta. Beliau sudah punya banyak pengalaman dibidang penelitian, karenanya melihat bahwa penelitian sangat penting, khususnya untuk jurusan pendidikan biologi yang hampir setiap hari melakukan praktikum..  Berangkat dari pemikiran tersebut, Dr. Paidi, M.Si menulis tentang seluk beluk metodologi penelitian pendidikan biologi untuk membantu mahasiswa, peneliti pemula, maupun guru-guru sekolah. Dengan buku ini diharapkan para mahasiswa bisa lebih mudah dalam melakukan pengamatan dan penelitian
Buku Metodologi Penelitian Pendidikan Biologi yang ditulis oleh Dr. Paidi, M.Si. ini merupakan buku yang hadir ditengah-tengah perkembangan ilmu pengetahuan khsusnya di bidang biologi. Mata kuliah Metodologi Penelitian Pendidikan Biologi merupakan salah satu mata kuliah pokok bagi mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi. Buku ini hadir untuk memenuhi kebutuhan mahasiswa, agar menambah refrensi dan sebagai salah satu acuan mahasiswa dalam membuat suatu penelitian.  Buku ini terdiri dari 7 Bab dengan pembahasan yang berbeda, tapi dengan satu pokok materi, yaitu Pendidikan Bologi.
Pada Bab 1 berisi materi menguarai definisi metodologi penelitian  Pendidikan Biologi, didalamnya berisi pengertian metodologi, penelitian, dan pendidikan biologi dan persoalan-persoalan yang dipecahkan dalam metodologi penelitian pendidikan biologi. Kothari C.R (2004) memposisikan metodologi sebagai cabang ilmu logika yang berkaitan dengan prinsip umum pembentukan pengetahuan. Menurut Tejo Yuwono (1991), metodologi penelitian adalah ilmu tentang kerangka kerja melaksanakan penelitian yang bersistem.
Buku ini mengurai materi tentang lingkup dan jenis penelitian. Jenis penelitian menurut sumbangannya : penelitian eksploratis, penelitian konstruktif, penelitian empiris. Menurut kegunaannya  : penelitian murni, penelitian terapan. Jenis penelitian menurut metode (pendekatan) : penelitian observasi/survei, penelitian ex post facto, penelitian eksperimen, penelitian naturalistic, penelitian kebijakan, penelitian tindakan, penelitian evaluasi, penelitian sejarah, penelitian dan pengembangan. Menurut jenis data dan analisisinya : penelitian kualitatif, penelitian kuantitatif. Menurut tingkat eksplanasinya: penelitian deskriptif, penelitian komparatif, penelitian asosiatif.
Buku ini menjadi sangat penting bagi mahasiswa jurusan pendidikan biologi, Karena dalam biologi akan banyak menggunakan metode-metode ilmiah, bagaimana melakukan penelitian yang benar. Semuanya sudah disusun secara teratur oleh pak  Dr. paidi, M.si., beliau menempatkan banyak contoh dan uraian tentang metode penelitian. Buku ini banyak menggunakan sumber, pada setiap bab selalu diberi sumber sekitar 8 sumber, dan kebanyakan itu menggunakan sumber dari buku, tidak menggunakan sumber online atau website.
Kelebihan Buku ini :
  • Sampul buku didesain dengan sederhana namun sangat menarik Karena menggunakan desain layaknya sedang meakukan penelitian.
  • Buku ini selalu memberikan daftar pustaka di akhir bab dengan jumlah sekitar 8 sumber. Hal ini mempermudah pembaca untuk dapat mengetahui lebih lanjut materi yang diambil oleh penulis dan bisa dijadikan referensi.
  • Buku ini disertai skema-skema dan table-tabel untuk memperjelas materi yang dibahas.
  • Buku ini menjelaskan apa itu metodologi penelitian pendidikan biologi, mulai dari awal.
Kekurangan Buku :
  • Pemilihan kertas kurang tepat, karena terkesan kotor.
  • Dalam penulisan terlalu dekat atau spasi paragrafnya terlalu kecil, sehingga membuat pembaca sulit untuk membaca
  • Bahasa yang digunakan menggunakn bahsa ilmiah, bagi pembaca pemuala akan merasa kesulitan dalam memahami isi dari buku ini.
Buku ini sangat saya rekomendasikan untuk pembaca yang ingin mengetahuli lebih banyak lagi mengenai metodologi penelitian pendidikan biologi.


by :dian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Resensi Buku Metodologi Penelitian Pendidikan Biologi karangan Dr. Paidi, M.Si.

Resensi Buku Metodologi Penelitian Pendidikan Biologi karangan Dr. Paidi, M.Si.